Calon Pasangan Pemboros ? Berikut Tips Mengatasinya

Calon Pasangan Pemboros ? Ini Tips-nya!

Calon Pasangan Pemboros? Berikut Tips Mengatasinya
Sobat Datangya.com…
Kemarin sore, saat naik angkot (angkutan kota) tak sengaja Redaksi menguping pembicaraan seorang pria dengan temannya. Pria tersebut mengeluhkan sikap istri yang baru dua minggu dinikahinya. Menurutnya, ia tak tahan dengan sikap boros istrinya tersebut.

“ Kau bayangkan Ton, uang hasil pesta pernikahan yang jumlahnya hampir Rp 50 juta tak berbekas sama sekali. Ntah kemana-mana dibuat si Disti. Padahal uang keperluan buat pesta sudah aku bayar semua. Tapi itu aku tak ambil pusinglah, mungkin ada kekurangan sana sini. Nah ini, baru aku kasih gajiku dua hari lalu, katanya sudah habis pula. Pening kepalaku. Tak bisa cakap aku. Uang gaji yang rencananya mau aku pakai buat bayar sewa rumah sudah lenyap. Terpaksalah sebulan ini kami numpang dulu di rumah mertuaku,” celoteh pria tersebut yang sempat menyatakan agak menyesal menikahi pasangannya. Ia menyesal karena dirinya sebenarnya sudah tahu dengan perangai buruk istrinya sejak belum menikah. Tapi karena cinta dia pun rela menikahi Disti

Nah lo?!?
Sobat Datangya.com percaya atau tidak ternyata masalah keuangan bisa menjadi salah satu penyebab munculnya masalah perceraian. Banyak pasangan suami istri akhirnya memilih bercerai gara-gara pasangannya terlilit utang akibat kelewat boros alias tak mau mengelola keuangan secara baik. Padahal tidak sedikit di antara mereka yang berpenghasilan cukup lumayan.

Sobat Datangya.com… tentulah dirimu tidak mau hal yang demikian menimpa perkawinanmu kelak. Bayangan hidup bahagia dengan pasangan tercinta jadi musnah karena pastinya akan muncul percekcokan akibat salah satu dari kalian tidak mampu mengelola keuangan dengan baik.

Nah, agar hal demikian tidak terjadi maka kamu harus membuat strategi agar uang tidak menjadi penghalang bagi perkawinan kalian kelak. Berikut tips yang Redaksi kutip dari berbagai sumber yang mungkin bisa membantu kamu mengatasi sikap boros pasanganmu!

1. Ingatkan Secara Baik-baik
Menghadapi pasangan yang boros memang bukan hal yang mudah. Berapapun uang yang kami berikan pasti akan habis dibuatnya, oleh karena itu untuk menghadapinya kamu sebaiknya jangan diam. Sampaikan kekhawatiranmu padanya. Ini perlu, mengingat uang merupakan salah satu “sumber penghidupan” yang harus kamu miliki untuk bertahan hidup.
Agar pasanganmu tidak salah paham, kamu harus menyampaikan dengan sopan. Ungkapkan uneg-uneg-mu dengan baik-baik dan tenang supaya argumenmu bisa diterima dan membuatnya berpikir agar tak lagi hidup boros.

2. Buat Perencanaan Keuangan
Ingat lo! Perencanaan keuangan adalah sesuatu yang sangat penting bagi kamu yang punya pasangan boros. Dengan membuat perencanaan keuangan kamu dan pasanganmu akan bisa menentukan kebutuhan berdasarkan skala prioritas. Dari yang paling penting, penting, dan kurang penting. Buat dengan rinci perencanaan anggaran keuangan dengan mendiskusikan bersama pasangan supaya sama-sama memahami apa yang dianggarkan untuk skala prioritas dan selanjutnya.

3. Terapkan hukuman
Dalam perencanaan keuangan, sebaiknya terapkan punishment atau hukuman bagi pelanggarnya. Tujuannya agar fokus keuangan yang sudah direncanakan sesuai dengan alokasi awal. Jika Anda atau pasangan melanggar, harus diberi sanksi.

4. Hindari Menyimpan Uang Tunai dalam Jumlah Besar
Bagi orang yang pemboros melihat setumpuk uang tunai di dalam lemari atau di tabungan pasti merupakan godaan yang sulit untuk dihindarkan. Oleh karena itu, kamu jangan terlalu banyak menyimpan uang tunai, baik di rumah atau di bank. Kalaupun menyimpannya di bank usahakan dalam bentuk deposito. Karena menyimpan uang tunai dalam jumlah besar di rumah atau di bank akan menggoda pasanganmu untuk menggunakannya. Adanya fasilitas penggunaan debit card sebagai pengganti uang tunai yang ditawarkan oleh toko dan pusat perbelanjaan tentu akan semakin memudahkan pasanganmu untuk tetap bisa hidup boros.

5. Buat Komitmen Bersama
Apapun ceritanya, jika tak ada komitmen untuk saling menjaga, terutama yang menyangkut masalah keuangan dan menggunakannya sesuai tujuan semuanya sama halnya dengan omong kosong. Oleh karena itu, kamu perlu membuat komitmen untuk bisa sama sama memanfaatkan keuangan dengan sebaik-baiknya.
Sobat Datangya.com demikian tips dari Redaksi, semoga bisa bermanfaat ya!

comments

Tags:

Leave A Comment

*

Create Invitation