Tips Menaklukan Hati Calon Mertua

Tips Menaklukkan Hati Calon MertuaMenaklukan hati Calon Mertua

Bila pasanganmu ingin menjalin hubungan serius denganmu, salah satu tandanya adalah dengan mengajakmu berkenalan pada kedua orang tuanya.

Sobat Datangya.com
Percaya atau tidak ternyata banyak orang yang tak percaya diri waktu diajak berkenalan dengan keluarga pasangannya. Perasaan takut ditolak seperti jadi momok bagi sebagian orang. Memang keputusan untuk bisa hidup bersama adalah keputusan kamu dan pasanganmu. Namun harus diingat bahwa restu orang tua menjadi satu dari kesekian banyak faktor yang menunjang kebahagiaan kalian berdua. Oleh karena itu, pada saat pertama kali bertemu dengan calon mertua kamu harus bisa memberikan nilai plus di mata calon mertuamu.

Rebutlah rasa simpati dari calon mertuamu karena itu; pelajarilah tutur kata, bahasa tubuh dan apa yang sebaiknya dilakukan tiap mengunjungi rumah calon istri, rumah calon mertua.

Berikut ini tips-tips yang dirangkum redaksi Datangya.com dari berbagai sumber untuk kamu-kamu yang ingin meluluhkan hati calon mertua.

  1. Cari tahu dulu tentang budaya keluarga
    Agar kamu bisa menghindari hal-hal yang tidak kamu inginkan saat berkunjung ke rumah calon mertuamu ada baiknya jika kamu mulai menanyakan hal tersebut pada pasanganmu. Misalnya bagaimana tipikal ibu dan ayahnya. Apa yang disukai dan tidak disukai oleh calon mertuamu tersebut.
  2. Membawa buah tangan
    Ini adalah etiket dasar berkunjung. Meski si dia dengan jelas mengatakan bahwa  orangtuanya tidak mengharapkan apa-apa darimu. Hal yang terbaik adalah jangan muncul dengan tangan kosong. Jika kamu datang hanya untuk undangan makan siang di hari Minggu, pertimbangkan untuk membawa hidangan penutup seperti kue ataupun buah-buahan. Sebaliknya jika kamu berencana untuk menghabiskan waktu lebih lama dari makan bersama, bawakan sesuatu yang disukai orang tua pacarmu seperti, buku, tanaman hias, cokelat, kue kering kegemaran ibu atau ayahnya. Intinya hal yang mereka sukai atau menarik hati mereka.
  3. Sopan berpakaian dan bersikap
    Saat kamu berkunjung ke rumah calon mertuamu kenakanlah pakaian yang rapi dan sopan. Ini secara tidak langsung akan mencerminkan kepribadianmu. Selain itu tentu saja juga bersikap sopan. Jaga tutur katamu! Hal ini sangat baik untukmu, apalagi jika kamu tidak mengetahui pasti gaya hidup keluarga pasanganmu. Jangan memakai pakaian terlalu ketat atau terbuka serta tak perlu berdandan berlebihan dengan mengenakan perhiasan besar-besar, make-up tebal. Blus panjang dan legging bisa jadi pertimbangan.
  4. Libatkan mereka dalam obrolan
    Ini dilakukan, jika anggota keluarga pasanganmu ikut menemanimu. Saat mengeluarkan kata atau penjelasan, tatap mata mereka secara bergantian. Tentu saja dengan cara yang sopan. Jangan takut untuk berbagi info tentang  kamu seperti pekerjaan, sekolah, atau hobi. Tapi kamu harus menanyakan tentang diri sang calon mertua. Hobi mereka, kesibukan mereka dan sebagainya. Ini menunjukan kamu menghormati keluarga mereka dan ingin mengenal mereka. Dengan ini, siapapun itu tidak akan merasa sebagai obat nyamuk. Secara otomatis akan membuat mereka lebih memperhatikan kita.
  5. Puji selera ibunya
    Temukan sesuatu yang kamu suka. Entah itu warna cat tembok rumahnya, dekorasi ruang tamu, makanan yang dimasak ibunya.  Hal ini akan menunjukkan kalau kamu menghargai semua pekerjaan yang ibunya lakukan.
  6. Jangan terlalu mesra
    Tentu saja calon mertua akan bahagia melihat kamu benar-benar menyukai anaknya, tetapi mereka tidak suka melihat kalian saling berdempetan sepanjang hari, saling menyentuh atau meraba-raba satu sama lain meskipun itu hanya wilayah punggung, tangan ataupun pipi.
    Lupakan gestur mesra yang sering kalian perlihatkan di muka publik seperti berpelukan, merangkul, bersandar di bahunya apalagi menciumnya. Tahan semua keinginan tersebut hingga kalian keluar dari rumah.
  7. Ringan tangan
    Jadilah tamu yang baik dengan menawarkan diri membantu mencuci piring atau merapikan meja setelah makan. Ini tidak hanya menunjukkan bahwa kamu menghargai mereka bahkan lebih baik lagi, hal ini menunjukan bahwa kamu bersedia dan siap membaur dalam dinamika keluarga.
  8. Ikuti aturan main keluarganya
    Apakah keluarga mereka bangun pagi? Apakah orang tuanya tipe yang  menjadwalkan kegiatan setiap hari? Makan siang tepat  pukul 12:00? Cari tahu kebiasaan mereka dan jangan mencoba untuk mengubah rutinitas mereka. Sekali lagi, ini menunjukkan keluarganya (terutama ibunya) bahwa kamu ingin berbaur, bukan mengambil alih.
  9. Ucapkan terima kasih
    Jangan lupa menyampaikan terima kasih kamu langsung saat pamit. Bukan hanya kata-kata terima kasih titik, tapi sesuatu yang lebih jujur tentang kunjunganmu. contoh, “Terima kasih makan siangnya. Makanannya enak sekali. Kapan-kapan – kalau tante tak keberatan – ajari saya masak ya!”
  10. Ingat waktu, ini yang terpenting
    Sebuah kesalahan jika kita berada di rumah pacar tidak sewajarnya. Jika kamu lupa waktu dan menghabiskan waktu berjam-jam di rumah pasanganmu akan memberikan efek kurang baik di mata calon mertuamu. So… agar kamu tidak dapat nilai minus segeralah untuk berpamitan pada calon mertuamu. Karena next time kamu masih punya banyak waktu ngobrol panjang dengan mereka.

 

Sobat Datangya.com yang baik…
Demikianlah tips untuk menaklukan hati calon mertuamu. Untuk yang lainnya, bisa kamu ketahui sendiri jika sudah tahu budaya keluarga atau sudah mengenal baik orang tua dari pasanganmu. (defri yenni/berbagai sumber)

Selamat mencoba, semoga bahagia

 

comments

Tags:

Leave A Comment

*

Create Invitation