Tips Resepsi Pernikahan Murah Tanpa Hutang

Resepsi Pernikahan Murah tanpa hutang - datangya

Mau Nikah???

Eitss…Jangan Sampai Terjebak Utang!!!

Bagi kebanyakan orang, momen pernikahan adalah titik penting dalam hidup yang paling dinantikan. Di kesempatan itu, hubungan yang diharapkan bisa memberi kebahagiaan di masa depan akhirnya diresmikan. ¬†Sudah pasti semua orang memiliki keinginan untuk menikah karena tujuan menikah adalah pemenuhan atas keinginan manusia yang hakiki. Menikah bertujuan untuk melanjutkan garis keturunan, memperoleh ketenangan jiwa, memiliki anak sebagai “investasi akhirat”, memberikan kebahagiaan di dunia.

Sobat Datangya.com, pernikahan menjadi sebuah impian yang diidam-idamkan hampir semua orang, khususnya bagi kaum perempuan. Mempersiapkan dana pernikahan yang tidak sedikit, seharusnya dilakukan jauh hari sebelum hari pernikahan, khususnya bagi Anda yang tidak ingin bergantung kepada orangtua.

Sebaiknya mulai mengalokasikannya minimal tiga tahun menjelang rencana pernikahan atau pada saat pertama kali menerima gaji. Persiapan keuangan untuk menikah dalam jangka waktu cukup lama diharapkan dapat menghindari Anda terlibat hutang kepada keluarga ataupun bank. Jangan sampai kehidupan rumah tangga yang baru Anda nikmati menjadi menderita hanya karena utang untuk acara satu dua hari pernikahan. Masalah finansial memang sangat sensitif untuk dibicarakan. Biasanya menuju pernikahan ada beberapa kendala yang harus dihadapi yang bisa membuat stres. Namun betapa pun sensitifnya, bersikap terbukalah kepada masing-masing pasangan agar tidak ada kesalahpahaman baik sebelum maupun sesudah pernikahan.

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu sesuaikan konsep pernikahan Anda dengan anggaran yang dimiliki. Jangan melangsungkan acara yang melebihi dari kemampuan finansial Anda dan pasangan. Kalau calon pengantin mampu menanggung seluruh biaya acara tentu sangat baik. Namun apabila pihak keluarga ingin turut menanggung biaya pernikahan sepakatilah pembagian tugasnya terlebih dulu agar tidak terjadi keributan di belakang hari.

Cara lain adalah menanggung biaya bersama-sama berdasarkan prosentase. Sepakatilah berapa persen yang masing-masing harus ditanggung oleh Anda berdua, orangtua atau calon mertua.

Cara mana pun yang Anda pilih jangan memaksakan diri. Selenggarakanlah acara pernikahan sesuai kemampuan. Yang penting dari sebuah acara pernikahan adalah sahnya Anda sebagai suami istri.

Buang jauh-jauh sikap gengsi. Buatlah pernikahan sesuai dengan kemampuan. Jangan memaksakan apa yang berada di luar kemampuan! Apalagi harus berhutang dalam jumlah yang cukup besar. Dijamin ini bisa menjadi masalah baru bagi keluarga Anda kelak! Alangkah baiknya, dana yang tersisa nantinya dialokasikan untuk hal-hal lain yang lebih penting atau bahkan diinvestasikan.

Memang benar jika pernikahan adalah sebuah hal yang mungkin harus dikenang seumur hidup. Tapi untuk membuat momen yang bisa dikenang seumur hidup ini tak harus membuat sesuatu yang mewah atau megah jika justru memberatkan. Karena bukanlah yang patut dikenang itu bukan seremonialnya? Tapi bagaimana saat kita berdua sudah menjalani hidup bersama.

Resepsi sesungguhnya hanya satu hal dari banyak hal yang harus dipikirkan dalam sebuah pernikahan. Janganlah memfokuskan atau menghabiskan waktu hanya untuk mengurus resepsi sementara pasca pernikahan masih banyak hal yang harus dipikirkan, dilakukan dan dijalani. Jangan menjalani momen-momen sebelum pernikahan dengan perasaan takut untuk mengadakan resepsi, jangan memaksakan diri. Jika memang bisa melaksanakan resepsi maka laksanakanlah, jika tidak bisa maka jujurlah. Jangan memaksakan karena itu justru akan merugikan.

Intinya jika memang sudah mantap, maka jangan ragu lagi. Tidak baik menunda sebuah hal yang seharusnya baik dan bisa disegerakan. Percayalah pasti ada jalan untuk orang-orang yang memiliki niat baik. Entah kelapangan rezeki, atau bantuan yang tiba-tiba datang. Pada akhirnya Tuhan akan memberikan jalan bagi orang-orang yang sudah berniat baik dan memilki tekad yang kuat.

Kebahagiaan sesungguhnya tak terletak pada semegah apa resepsi pernikahanmu, tapi pada sosok yang akan menjadi separuh nyawamu.

Selamat Berbahagia!!!

comments

Tags:

Leave A Comment

*

Create Invitation