Tips untuk Mengatasi Kekasih yang Cemburuan

Kekasih Cemburuan? Ini Tipsnya!

Memiliki kekasih yang penuh perhatian tentulah suatu hal yang menyenangkan. Namun jika perhatian yang diberikan itu terlalu berlebihan, sudah pasti bisa jadi tidak mengenakan. Apalagi jika perhatiannya cenderung over protektif dan berujung pada sifat cemburu buta. Alih-alih mendapatkan kasih sayang dari pasangan, sebaliknya tipe kekasih yang over protektif dan cemburu buta justeru bisa memberikan rasa tak nyaman. Perasaan was-was karena takut berbuat salah dan juga khawatir disakiti seringkali terjadi pada seseorang yang memiliki kekasih yang over protektif dan cemburuan.

Seperti pengakuan Wina. Mahasiswa perguruan tinggi swasta di kota Medan ini mengatakan seringkali merasakan takut berlebihan jika ia membuat kesalahan pada kekasihnya. Meski sebenarnya kesalahannya itu bukan karena faktor yang disengaja seperti datang tak tepat waktu karena jalanan yang macet.

“Gimana ya, sudah saya jelaskan masalahnya ke dia. Tapi tetap dia nggak mau percaya. Nuduh ini itu. Akhirnya ya bertengkar. Kalau sudah begitu, dia suka main kasar. Makanya lebih banyak mengalah saja daripada ribet. Caranya, ya setiap kali dia marah saya lebih banyak diamnya,” kata Wina.

Sobat Datangya.com

Belakangan ini memang banyak muncul kasus tindak kekerasan yang terjadi akibat cemburu buta yang berlebihan. Data di kepolisian menyebutkan, selain karena faktor kesenjangan ekonomi dan narkoba, tindak kekerasan juga dipicu oleh rasa cemburu yang berlebihan.

Hmmm… kamu pasti tidak maukan punya kekasih yang bertipe seperti ini, apalagi sampai harus melanjutkan hubungan ke taraf yang lebih serius. Bisa makan hati dibuatnya. Namun begitu, kamu tak boleh patah semangat jika ternyata kamu terlanjur memiliki pacar yang cemburuan. Apalagi jika kamu terlanjur sayang dengannya.

Sobat Datangya.com

Sesungguhnya cemburu itu perasaan yang dimiliki oleh setiap manusia. Hanya saja, kadar besar kecilnya berbeda-beda. Sebagian orang bahkan mengatakan, jika rasa cemburu itu bukti sayang seseorang pada kekasihnya. Rasa takut kehilangan bisa membuat seseorang jadi pencemburu. Meski akhirnya kadang-kadang rasa cemburu itu juga yang sering membutakan seseorang hingga ia akhirnya harus melakukan tindakan di luar kemauannya sendiri.

Nah bagi kamu yang punya pacar cemburuan, namun tetap tak rela berpisah karena masih menyimpan rasa sayang padanya, ada baiknya jika kamu mencoba beberapa tips yang dirangkum Redaksi Datangya.com dari berbagai sumber di bawah ini.

1. Kamu harus menunjukan sikap pengertian, jujur, dan terbuka pada pasanganmu.
Ketiga hal ini merupakan hal yang harus ada dalam setiap hubungan. Coba ceritakan aktivitas kamu sehari-hari jika tak bersama dia. Mintalah hal yang sama ke dia, dengan gitu kalian akan bisa lebih saling memahami. Berusahalah untuk tetap jujur. Karena jika kamu berbohong maka ini justeru akan membuatnya tak percaya dan meningkatkan rasa cemburunya.

2. Untuk mengurangi kecemburuan, kamu juga perlu menunjukan rasa cinta kamu ke dia.
Bukan nggak mungkin si dia, cemburuan gara-gara sifat kamu yang terlalu cuek. Kamu bisa tunjukin lewat kata – kata romantis, misalnya dengan memujinya. Percaya atau tidak, banyak orang yang nggak pede untuk melakukan hal ini, meski mereka sudah berstatus sebagai pasangan kekasih.
So … sobat Datangya.com, nggak ada salahnya ya jika dirimu sesekali memujinya. Selain bisa menumbuhkan rasa percaya dirinya, pujian yang kita berikan bisa memunculkan rasa tenang dan so pasti akan mengurangi rasa cemburunya.

3. Luangkan waktumu untuknya.
Karena bisa jadi alasan dia cemburu karena merasa kurang diperhatiin. Mungkin kamu lebih banyak waktu buat teman-teman atau kegiatan kamu yang lain. Sampai-sampai kamu lupa menyisihkan waktu buat pacar kamu. Hindari mematikan handphone tanpa pemberitahuan terlebih dulu. Ini untuk meminimalkan kecurigaan pacar kamu yang akhirnya menjadi cemburu. Usahakan handphone selalu standby agar kekasihmu mudah menghubungi. Jadi dia tahu di mana posisi kamu dan dengan siapa.
Biasanya seseorang akan merasa curiga jika tiba-tiba handphone pacarnya nggak aktif atau susah dihubungi.

4. Kenalkan kekasihmu dengan teman-temanmu.
Ini untuk menghindari cemburu buta si dia saat  melihat kamu lagi jalan sama orang tak dikenalnya. Sekali-kali ajaklah dia keluar jalan bareng sama temen-temenmu. Biar dia tahu, bagaimana duniamu dan temen-temenmu.

5. Kamu harus menjaga sikap.
Jangan suka memancing rasa cemburu kekasihmu. Jika dia suka cemburu melihatmu jalan berdua dengan teman lawan jenis, hindari untuk melakukan hal itu. Sesekali tanyakan juga alasan kecemburuannya padamu, dan berilah ia penjelasan tanpa rasa emosi. Ajak dia ngobrol santai. Ungkapkan semua yang ada dihatimu, tekankan bahwa rasa cemburu justru akan menyakiti dirinya sendiri dan mengancam kelanjutan hubunganmu dengannya.

Sobat Datangya.com mudah-mudahan tips –tips di atas bisa membantumu untuk mengurangi rasa cemburu kekasihmu. Selamat mencoba, semoga bahagia.

Salam

comments

Tags:

Leave A Comment

*

Create Invitation